Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 3 Beserta Artinya
Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 3 Beserta Artinya

Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 3 Beserta Artinya

Ketika kita bertemu dengan seseorang yang telah meninggal dunia, maka kita diwajibkan untuk mengimami jenazah tersebut. Namun, sebelum memulai sholat jenazah, kita harus mengucapkan takbir ke 3 dengan tegas. Takbir tersebut merupakan niat dan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah Dia berikan pada hamba-Nya. Berikut ini adalah doa takbir ke 3 beserta artinya.

Takbir Pertama

Takbir pertama adalah “Allahuma antal-Maula, wa antal-Hamdulillahi wa antal-Rahmanir-Rahim”. Artinya adalah “Ya Allah, Engkau adalah Tuhan kami, dan segala puji hanya milik Engkau, dan Engkau adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Dengan mengucapkan takbir ini, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan kita, dan semua anugerah hanya milik-Nya.

Takbir Kedua

Takbir kedua adalah “Alhamdulillahil-ladhi aafana wa saqaana wa ja’alana minal-muslimin”. Artinya adalah “Segala puji hanya milik Allah yang telah memberikan kesehatan dan kuat kepada kita, dan yang telah membuat kita menjadi seorang muslim”. Dengan mengucapkan takbir ini, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang telah memberikan kesehatan dan kekuatan kepada kita, dan yang telah membuat kita menjadi seorang muslim.

Takbir Ketiga

Takbir ketiga adalah “Allahu Akbar”. Artinya adalah “Allah Maha Besar”. Dengan mengucapkan takbir ini, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Besar dan Maha Agung, yang memiliki segala kekuasaan atas seluruh alam semesta. Takbir ini juga mengandung pengertian bahwa Allah Maha Besar dan Maha Agung, yang tidak ada yang dapat menandingi-Nya.

Makna Sholat Jenazah

Sholat jenazah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Sholat jenazah diwajibkan bagi orang yang telah meninggal dunia. Dengan melakukan sholat jenazah, kita menunjukkan bahwa kita menghormati jasad yang telah meninggal. Dengan mengucapkan takbir ketiga sebelum sholat jenazah, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Besar dan Maha Agung.

Pentingnya Doa Takbir dalam Sholat Jenazah

Doa takbir dalam sholat jenazah penting untuk diucapkan. Doa takbir ini menjadi niat kita sebelum kita mulai melakukan sholat jenazah. Dengan mengucapkan takbir, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Besar dan Maha Agung. Dengan mengucapkan doa takbir, kita juga menunjukkan bahwa kita menghormati jasad yang telah meninggal dunia dan kita memohon pertolongan kepada Allah agar arwahnya diterima di Surga.

Mengucapkan Takbir dengan Benar

Mengucapkan takbir dengan benar adalah penting. Ketika mengucapkan takbir, pastikan bahwa kita mengucapkannya dengan tegas, jelas dan kuat. Dengan mengucapkan takbir dengan benar, kita dapat melakukan sholat jenazah dengan sempurna. Jangan lupa untuk mengucapkan doa takbir dengan tekad yang kuat, dan dengan hati yang ikhlas.

Kesimpulan

Doa takbir ketiga adalah “Allahu Akbar”, yang artinya adalah “Allah Maha Besar”. Doa takbir ini harus diucapkan sebelum melakukan sholat jenazah. Dengan mengucapkan takbir, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Besar dan Maha Agung. Kita juga menunjukkan bahwa kita menghormati jasad yang telah meninggal dunia dan kita memohon pertolongan kepada Allah agar arwahnya diterima di Surga.