Doa Bersuci dan Artinya
Doa Bersuci dan Artinya

Doa Bersuci dan Artinya

Doa bersuci atau mencuci tangan merupakan salah satu ritual yang dipercaya menghilangkan energi negatif. Doa bersuci ini telah ada sejak lama dan masih dipercaya oleh masyarakat luas hingga saat ini. Ritual ini biasanya dilakukan sebelum melakukan aktivitas penting lainnya seperti shalat, upacara adat, dan lain sebagainya.

Doa Bersuci Berdasarkan Agama

Doa bersuci biasanya bervariasi berdasarkan agama yang diikuti. Masing-masing agama memiliki doa bersuci yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa doa bersuci berdasarkan agama yang ada di Indonesia:

Doa Bersuci Islam

Pada agama Islam, doa bersuci biasanya dilakukan dengan cara menyebut kalimat-kalimat tertentu yang berasal dari Al-Quran. Kalimat-kalimat tersebut biasanya dimulai dengan menyebut nama Allah. Berikut adalah beberapa doa bersuci yang biasa digunakan oleh umat Islam:

  • “Bismillahirrahmanirrahim” (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang).
  • “A’udzu billahi min ash-shaytan ir-rajim” (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk).
  • “Subhanallahi wa bihamdihi” (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya).
  • “Subhanallahil ‘azim” (Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

Doa Bersuci Hindu

Pada agama Hindu, doa bersuci biasanya dilakukan dengan cara menyebut mantra-mantra tertentu yang berasal dari kitab suci mereka, yaitu Veda. Berikut adalah beberapa mantra bersuci yang biasa digunakan oleh umat Hindu:

  • “Om shanti shanti shanti” (Kedamaian, kedamaian, kedamaian).
  • “Om tryambakam yajamahe sugandhim pushti-vardhanam” (Kami memuja Tiga Muka, yang menghidupkan kesegaran dan membawa kekayaan).
  • “Om poornamadah poornamidam poornaat poornamudachyate” (Penuh dengan penuh, Penuh ke penuh, Penuh itu penuh).
  • “Om sarve bhavantu sukhinaḥ sarve santu nirāmayāḥ sarve bhadrāni pāsyantu mā kāḥ karotu vāḥ” (Semoga semuanya menjadi bahagia, semua disembuhkan dari penyakit, semoga semuanya mengalami kebaikan, dan semoga tidak ada yang menyakiti orang lain).

Doa Bersuci Buddha

Pada agama Buddha, doa bersuci biasanya dilakukan dengan cara menyebut mantra-mantra tertentu yang berasal dari kitab suci mereka, yaitu Sutta. Berikut adalah beberapa mantra bersuci yang biasa digunakan oleh umat Buddha:

  • “Arahang saranang gacchami” (Aku berlindung pada Sang Buddha).
  • “Dhammang saranang gacchami” (Aku berlindung pada Sang Dharma).
  • “Sanghang saranang gacchami” (Aku berlindung pada Sang Sangha).
  • “Sabbapapassa akaranam kusalassa upasampada sacittapariyodapanam etam buddhanam saranam gacchami” (Aku berlindung pada Sang Buddha, yang mengajarkan untuk melakukan kebaikan, memberikan pelajaran tentang kesucian, dan menghilangkan semua kesedihan).

Kesimpulan

Doa bersuci biasanya berbeda-beda berdasarkan agama yang diikuti. Doa bersuci Islam, Hindu, dan Buddha biasanya dilakukan dengan cara menyebut kalimat-kalimat tertentu. Doa bersuci ini dipercaya dapat menghilangkan energi negatif dan menghasilkan energi positif. Oleh karena itu, doa bersuci ini wajib dilakukan sebelum melakukan aktivitas penting lainnya.