Doa Kursi dan Artinya
Doa Kursi dan Artinya

Doa Kursi dan Artinya

Doa Kursi merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini menjadi salah satu doa yang banyak dibaca oleh umat Islam di seluruh dunia. Doa ini dipercaya memiliki kekuatan ghaib yang mampu melindungi seseorang dari berbagai gangguan. Doa ini juga dipercaya mampu memberikan keberkahan bagi seseorang. Berikut adalah terjemahan doa kursi dan artinya.

Terjemahan Doa Kursi dan Artinya

Berikut adalah salah satu terjemahan doa kursi dan artinya:

Allah tidak ada Tuhan selain Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat menghalangi apa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui akan apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Artinya: Allah tidak ada Tuhan lain selain Dia, yang hidup kekal. Dia selalu mengurus segala makhluk-Nya. Dia tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur. Dia memiliki segala sesuatu yang berada di langit dan di bumi. Tidak ada yang mampu menghalangi apa yang telah dikehendaki-Nya. Dia Maha Mengetahui segala sesuatu yang ada di depan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui seluruh ilmu Allah kecuali apa yang telah Dia kehendaki. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat untuk memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Khasiat Doa Kursi

Doa Kursi memiliki berbagai macam khasiat yang dapat dirasakan oleh seseorang. Salah satu khasiat utama doa ini adalah melindungi seseorang dari kejahatan dan gangguan setan. Dengan membaca doa ini, seseorang akan merasa lebih aman dan terlindungi dari berbagai hal yang merugikan. Doa Kursi juga memiliki khasiat yang dapat membantu seseorang untuk mencapai keberkahan dan kesuksesan. Seseorang yang membaca doa ini akan merasakan kedamaian dan ketenangan dalam jiwa.

Keutamaan Membaca Doa Kursi

Membaca doa Kursi memiliki berbagai macam keutamaan. Salah satu keutamaan utama adalah mendapatkan pahala yang besar. Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra, bahwa siapa yang membaca doa Kursi setiap malam, maka pahala yang didapatnya adalah setara dengan pahala orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah. Selain itu, membaca doa Kursi juga akan membantu seseorang untuk mencapai kedamaian dan ketenangan jiwa.

Bacaan Doa Kursi

Berikut adalah bacaan doa Kursi:

اللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Dalil Doa Kursi

Doa Kursi diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW melalui sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Hadits ini menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ini kepada para sahabat. Selain itu, doa ini juga telah disebutkan dalam Al-Quran. Dalam surat Al-Baqarah ayat 255, Allah SWT berfirman: “Allah tidak ada Tuhan selain Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya).”

Waktu Membaca Doa Kursi

Doa Kursi dapat dibaca kapan saja, baik di waktu siang maupun di waktu malam. Selain itu, doa ini juga dapat dibaca ketika seseorang berada di dalam masjid atau di rumah. Namun, ada juga yang menyarankan untuk membaca doa ini setelah shalat maghrib. Hal ini karena di saat setelah shalat maghrib adalah waktu yang tepat untuk membaca doa Kursi.

Kesimpulan

Doa Kursi merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini memiliki berbagai macam khasiat dan keutamaan bagi seseorang yang membacanya. Doa Kursi dapat dibaca kapan saja dan di mana saja, baik di waktu siang maupun di waktu malam. Dengan membaca doa ini, seseorang akan merasa lebih aman dan terlindungi dari berbagai hal y